Belajar Mengaji Sebagai Media Literasi Religi

Belajar membaca Al-Qur'an adalah salah satu kegiatan literasi religi, dimana anak anak diajarkan untuk membaca Al-Qur'an mulai dari pelafalan huruf huruf Hijaiyah, kemudian dilanjutkan dengan latihan membaca dengan menggunakan iqra' dan terakhir menggunakan kitab suci Al-Qur'an, belajar membaca Al-Qur'an dapat dilakukan di rumah, musholla dan atau majlis ta'lim yang ada dimasyarakat.

Membaca Al-Qur'an adalah salah satu kegiatan religi yang sangat penting terutama bagi ummat islam, karena Al-Qur'an adalah Wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW untuk semua ummat manusia dimuka bumi. Membudayakan kegiatan mengaji adalah salah satu bentuk pembentukan karakter anak dalam membentuk kepribadian dan kecintaan terhadap kita suci sebagai pedoman dalam beribadah kepada Allah SWT.
Literasi Religi
#SahabatKeluarga
Menanamkan kebiasaan belajar membaca Al-Qur'an setiap selesai sholat Maghrib adalah contoh penerapan budaya literasi, diamana anak-anak sejak dini dibiasakan untuk meluangkan waktunya untuk belajar membaca dan guru menjelaskan makna yang terkandung atas apa yang mereka baca. Kebiasaan mengaji turut memberikan kontribusi besar dalam menanamkan nilai-nilai religius yang terdapat dalam bacaan yang dimaksud.

Ditengah tengah masyarakat mendekati awal puasa bisanya kita sering mendengar istilah Khataman Al-Qur'an atau dalam bahasa Sasak biasanya di sebut (Nyelametang Qur'an), budaya ini cukup menarik minat membaca anak anak, karena biasanya kegiatan Khataman Al-Qur'an memberikan daya dorong cukup kuat dalam meningkatkan minat membaca hal ini anak anak berlomba lomba mengejar target agar sesegera mungkin menyelesaikan atau menamatkan bacaan mereka.

Kegiatan khataman Al-Qur'an bukan hanya berdampak pada anak anak tetapi juga pada orang tua dan atau masyarakat, biasanya kegiatan Khataman Al-Qur'an dilaksanakan di tempat tempat pengajian atau majlis ta'lim yang dihadiri oleh orang tua wali dan masyarakat dilingkungan sekitar majlis ta'lim. 

#LiterasiKeluarga

Related : Belajar Mengaji Sebagai Media Literasi Religi

1 Komentar untuk "Belajar Mengaji Sebagai Media Literasi Religi"

tulisannya sangat bermanfaat untuk kita terimaksih atas kinerja bapak dalam menulis berbagai artikel menarik walu sederhana tapi cukup mambantu kita dalam mendidikan anak. salam kenal pak