Literasi Keluarga Dalam Kehidupan

#LiterasiKeluarga. Pentingnya peran keluarga dalam membudayakan literasi dalam kehidupan sehari-hari anak sangat menunjang dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dimasa kini, bukan hanya keluarga tetapi juga masyarakat turut memberikan kontribusi besar dalam membangun budaya literasi bagi anak-anak.

Literasi identik dengan kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas membaca dan menulis dalam kegiatan sehari hari. Literasi juga dapat kita maknai sebagai suatu kemampuan individu dalam menggunakan kemampuan, keterampilan dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi yang didapat pada waktu membaca baik dilingkungannya. Literasijuga dapat diterjemahkan sebagai suatu keahlian dan kemampuan individu dalam mengolah dan memahami informasi yang didapat ketika melakukan kegiatan belajar, membaca dan menulis.
Membudayakan Belajar Membaca Sebelum Tidur

Berdasarkan uraian di atas maka literasi dapat kita simpulkan sebagai seperangkat kemampuan dan keterampilan individu manusia dalam memahami makna suatu sumber yang diperoleh dari aktivitas baca tulis, berhitung, dan mampu memecahkan masalahnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Keluarga menurut Depkes RI tahun 1988 menyatakan bahwa Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Keluarga dapat kita ibaratkan sebagai sekumpulan orang orang yang memiliki hubungan emosional yang kuat dan didalamnya terdapat struktur yang saling menopang satu sama lainnya.

Upaya pertama yang dilakukan dalam menunjang terciptanya nilai nilai karakter anak, maka peran orang tua adalah pondasi awal membentuk karakter keperibadian anak sebelum masuk sekolah. Untuk itu budaya literasi  dalam keluarga perlu dipraktikkan dalam mewujudkan terciptanya karakter anak.

Related : Literasi Keluarga Dalam Kehidupan

0 Komentar untuk "Literasi Keluarga Dalam Kehidupan"