Refleksi Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)

Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) idealnya selalu didasarkan pada hasil identifikasi dan asesmen sebelumnya. Hasil identifikasi yang berbeda dari satu peserta didik dengan peserta didik lainnya, menjadikan adanya kebutuhan yang berbeda sesuai dengan hambatan yang mereka miliki. Itulah esensi dari keberagaman peserta didik. Hal itulah yang menjadikan stimulus positif bagi guru untuk membuat beragam strategi pelaksanaan pembelajaran yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didiknya yang keberagaman.

Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi keberagaman peserta didik, adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya. 

Esensinya adalah untuk memperkaya wawasan Anda dan memberikan informasi penting dalam pembelajaran yang melibatkan PDBK di kelas/sekolah inklusif.

Bagaimana pengalaman klian dalam memilih strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dalam seting pendidikan inklusif, atau ketika dihadapkan dengan kelas yang memiliki peserta didik yang beragam?

Refleksi Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)


Strategi pelaksanaan pembelajaran yang akomodatif bagi keberagaman peserta didik, adalah implementasi pembelajaran yang didasarkan pada profil belajar siswa (PBS) dan dari RPP akomodatif yang yang telah Anda buat dengan menggunakan kerangka desain universal untuk pembelajaran atau Universal Design for Learning (UDL) yang telah dipelajari pada sesi-sesi sebelumnya. Strategi yang Anda gunakan ditujukan untuk mencapai tujuan belajar dan kebutuhan belajar PDBK dengan tetap memfasilitasi tercapainya tujuan belajar dan kebutuhan belajar peserta didik reguler pada umumnya.

Bagaimana kira kira menurut pengalaman kalian dalam memilih strategi untuk pelaksanaan pembelajaran dalam seting pendidikan inklusif, atau ketika dihadapkan dengan kelas yang memiliki peserta didik yang beragam?

Related : Refleksi Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK)

0 Komentar untuk "Refleksi Pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) "